Data Flashdisk Hilang Dan Tersisa Shortcut Dengan Nama Flashdisk

virus

Data Flashdisk Hilang Dan Tersisa Shortcut Dengan Nama Flashdisk?

Jangan heran itu ulah virus dengan nama Trojan Agent.BLNH, dikutip dari vaksin.com virus ini tersebar bulan agustus 2015 dan menyebar begitu cepat. salah satu ciri virus ini adalah memindahkan data flashdisk dan menyembunyikannya ke dalam satu folder yang telah disediakan.


Virus ini termasuk virus yang paling menyebalkan karena setiap kali copy data atau memindahkan data ke flashdisk, data seakan-akan hilang atau terhapus oleh virus ini, padahal data tersebut hanya disembunyikan oleh virus ini.

Bagaimana Virus ini Menyebar?


Sama seperti kebanyakan virus shortcut yang beredar, mereka akan menggunakan Removable Storage Media (Flash disk/eksternal HDD) untuk menyebarkan dirinya, hal ini juga akan di lakukan oleh Trojan.Agent.BLNH dengan membuat/drop beberapa file yang akan di aktifkan secara otomatis pada saat user mengakses Flash Disk. Untuk mengelabui user sekaligus melancarkan aksinya, Trojan.Agent.BLNH akan menyembunyikan file/folder yang ada pada flash disk tersebut dan sebagai gantinya ia akan membuat file duplikat dengan ekstensi .lnk sesuai dengan nama folder/file yang disembunyikan tersebut.

Jika kita buka properti dari file .lnk yang dibuat oleh Trojan.Agent.LNH akan mempunyai target untuk menjalankan file yang sudah di drop pada Flash disk tersebut . Ciri khusus lain nya, Tojan.Agent.BLNH juga akan membuat sebuat shortcut sesuai dengan nama Removable storage tersebut sebagai sarana untuk mengelabui user (contohnya, jika Flash Disk tersebut mempunyai nama WOKO maka Trojan.Agent.BLNH akan membuat sebuat shortcut dengan nama WOKO.lnk (link file palsu ini akan mempunyai icon HDD), jika WOKO.lnk dijalankan maka akan menjalankan file virus yang sudah di drop pada Flash disk tersebut (lihat gambar 1 dan 2)
trojan1
Gambar 1
trojan2
Gambar 2

trojan3
Gambar virus ketika scan leptop teman memiliki ciri yang sama

Bagaimana Cara Agar Komputer Kita Aman dari Virus ini? 

Sebagai virus yang menyebar melalui flashdisk hal yang pertama kebanyakan adalah mematikan fitur autorun atau autoplay pada windows,caranya bisa dapat dicari search digoogle. kemudian instal antivirus dengan proteksi scan flashdisk ketika dicolokan seperti smadav dan ESET. Namun dapat mendeteksi atau tidak tergantung pada update database antivirus tersebut. Satu-satunya antivirus yang dapat menghapus virus ini menurut saya dan pengalaman saya adalah Malwarebytes Antimalware. Keunggulan dari antivirus ini telah dijelaskan pada postingan sebelumnya tentang Malwarebytes Antimalware - Antivirus Ampuh Saat Ini silahkan dicek.
hasil scan
Hasil scan virus trojan agent BLNH
Untuk pembersihan optimal, silahkan scan dengan menggunakan antivirus lainya yang up-to-date, karena ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak, begitu juga antivirus setiap kelebihan pasti ada kekurangan.
Sebagai blog baru mohon untuk share postingan ini di facebook,twitter,dan lainnya. agar dapat memberikan informasi kepada yang lainnya,terima kasih.

0 komentar "Data Flashdisk Hilang Dan Tersisa Shortcut Dengan Nama Flashdisk", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar