Tips Ampuh Menjaga Komputer dari Serangan Virus

Tips Ampuh Menjaga Komputer dari Serangan Virus
Sekarang ini makin banyak bertebaran virus-virus baru di dunia maya,dan semua virus itu mempunyai tujuan dan perannya masing-masing.Ntah apa tujuan sebenarnya orang-orang membuat virus tersebut.

Nah,melindungi komputer dari virus agak gampang susah sama halnya seperti melindungi tubuh kita dari penyakit.Pepatah mengatakan "Mencegah lebih baik daripada mengobati" dan tutorial berikut ini adalah bagaimana cara melindungi komputer dari serangan virus.

Perlu anda ketahui bahwa virus itu sebenarnya program yang di buat dari sistem windows itu.Anda pasti sudah kenal autoplay atau sering disebut autorun seperti gambar di bawah ini..

Nah dari hal tersebutlah bagaimana virus sering masuk ke komputer kita melalui media flashdisk,cd rom,dan sebagainya.Ketika hal tersebut kita klik maka otomatis virus yang ada pada flashdisk ikut bergerak karena di dalam sistem kerja virus harus ada file script autorun.inf.

Autorun.inf ini adalah semacam kode perintah yang di instruksikan kepada program/virus untuk berjalan secara otomatis ketika sistem windows dijalankan.

Hal di atas merupakan bagaimana virus masuk melalui media flashdisk.Namun,yang jadi pertanyaan lagi dari manakah asal virus dalam flashdisk tersebut? Perlu anda ketahui,virus tersebut kemungkinan dari 2 asal yaitu:dari internet dan dibuat oleh orang atau teman anda sendiri.

Untuk melalui internet merupakan media terbesar menyebarnya suatu virus yaitu berasal dari popup windows,file sharing atau download,dan website-website lain yang tentunya anda tidak mengetahui keberadaan virusnya.

Baca Juga : 4 Langkah Mudah Cara Menghilangkan Virus Adware Dari Google Chrome

Bersadarkan sedikit penjelasan diatas,maka dapat di simpulkan bahwa untuk melindungi komputer dari virus harus berdasarkan berikut :

Langakah 1 : Dengan mematikan fungsi autorun atau autoplay.
Untuk mematikan fungsi autorun pada windows ini ada dua cara yaitu:

Cara Pertama.
- Buka Control Panel.

- Cari dan klik Hardware and Sound dan kemudian klik AutoPlay.

- Jika ingin menonkatikan, hilangkan tanda “Check Box” pada bagian Use AutoPlay for All Devices dan klik Save.

- Jika ingin mengaktifkan kembali Autoplay, beri tanda “Check Box” pada Use Use AutoPlay for All Devices dan klik Save.
Cara Kedua.

- Klik tombol Start.

- Pada bagian “Search Box”, ketik gpedit.msc kemudian tekan tombol enter.

- Cari bagian Computer Configurations, Administrative Templates, Windows Components, AutoPlay Policies dan terakhir Turn Off AutoPlay.

- Untuk menonaktifkan AutoPlay, beri tanda Enable kemudian klik tombol OK atau Apply.

- Untuk mengaktifkan kembali, klik tombol Disable dan klik tombol OK.

Langkah 2 : Dengan Software Block Autorun.inf

Untuk cara yang satu ini anda tidak perlu susah-susah setting autoplaynya,karena software ini memproteksi keberadaan autorun.inf dari flashdisk.Salah satu software block autorun yang paling saya rekomendasikan untuk anda adalah Ninja Pendisk.

Software ini mampu mendeteksi dan menghapus sript autorun.inf dari flashdisk maupun usb drive lainnya.Untuk lebih jelas lihat screen shot beikut ini.

Karena tool ini adalah portable maka untuk mempermudah anda dilakukan setting registry supaya tool ini muncul otomatis saat start up windows,yaitu dengan cara :

- Buka registry anda dengan cara Klik Start Menu > Run, lalu ketikkan Regedit.
Lalu temukan key : [HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionRun].

- Untuk tiap program yang ingin anda jalankan secara otomatis langkah yang harus dilakukan adalah ciptakan string value baru dengan cara Klik Kanan, New, String Value, lalu ganti namanya sesuai dengan nama program yang ingin ditambahkan.

- Klik dua kali pada String Value yang baru dibuat. Lalu pada Value Data masukkan tempat Directory Program tsbt. contoh : C:\Program Files\Ninja.exe

- Selesai sekarang coba Restart Komputer anda untuk mengetesnya.

Cara 3 : Dengan Antivirus Proteksi Website
Telah diketahui bahwa internet merupakan jalannya masuk virus ke komputer kita.Maka dari itu saya merekomendasikan antivirus yang satu ini yaitu Malwarebytes Anti-Malware.

Antivirus ini sangatlah ampuh melindungi komputer dari virus.Selain ringan antivirus ini juga ampuh memblock website yang diproteksi keberadaan walware.Mungkin masih banyak lagi antivirus dan tool sejenis yang di atas telah di jelaskan yang terbaik.Namun bagi saya itulah tool dan antivirus yang sangat ampuh untuk anda.

Baca lebih lanjut : Antivirus Malwarebytes - Anti malware Terbaik Saat Ini

Demikian Tips Ampuh Menjaga Komputer dari Serangan Virus, semoga berselancar di dunia maya kamu menjadi lebih aman dari virus - virus bandel.

0 komentar "Tips Ampuh Menjaga Komputer dari Serangan Virus", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar